Senin, 28 Maret 2011

Apakah Ikan Sadar Mereka Berada Dalam Air ?

Apakah Ikan Sadar Mereka Berada Dalam Air ? 
Pada tahun 1643 di florence, Italia, Evangelista Torricelli memutuskan bahwa tekanan atmosfer harus mampu menekan air dalam sebuah tabung kosong sampai ketinggian tertentu, dan tinggi kolom air itu dapat dijadikan ukuran untuk tekanan atmosfer.  Dengan demikian ia menemukanbarometer pertama di dunia.
Ketika dipraktikkan, ternyata tekanan atmosfer normal mampu mengangkat air sampai kira-kira tiga puluh empat kaki atau sepuluh meter.  Dan sudah barang tentu, barometer temuannya harus besar sekali.
Sesungguhnya, setiap saat tiap sentimeter permukaan tubuh kita mengalami tekanan atmosfer sebesar 760 mm air raksa atau sama dengan memikul berat kolom air setinggi kira-kira 10 meter, tetapi kita tidak menyadarinya.

Agar dapat membayangkan seberapa besar tekanan yang diberikan oleh atmosfer ke tubuh kita, coba taruhlah jempol kaki anda di bawah salah satu kaki kursi makan, kemudian letakkan sekitar lima kilogram kentang di atasnya.  Anda akan merasakan tekanan sekitar 1.03 kilogram lagi persentimeter persegi jempol kaki anda.  Kita tidak merasakan tekanan seberat itu karena seluruh tubuh mengalami tekanan yang sama dari berbagai arah yang berlawanan sehingga masing-masing saling meniadakan.
Apakah ikan sadar bahwa mereka berada dalam air? Mereka sama tidak sadar seperti kita yang berjalan-jalan di dasar atmosfer.
Jangan Lupa Join dan Like Disini Ya..!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Coment Disini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code